Thursday, June 08, 2006

Perhatikan Merapi !

Merapi sangat perlu diperhatikan saat ini ketimbang gempa, walaupun dua-duanya jangan sampai membuat kita lengah. Tetapi sepertinya aktifitas Merapi telah menunjukkan aktifitasnya yang meningkat. Peningkatan aktifitas Gunung Merapi ini sudah dimulai sejak sebelum ada gempa 27 Mei 2006 kemarin . Gempa ini seolah mengintai dari belakang sejak dulu. Dan sekarang kita jangan lengah lagi dengan kegiatan Gunung Merapi.

Gunung Merapi memang bukan tipe Gunung yg meletus DUER!!, bukan yipe gunung apai yg galak. Sepertinya Gunung Merapi ini seperti orang jawa yang lemah gemulai. Aktifitasnya tergolong sangat tinggi dibanding gunungapi didunia. Bahkan termasuk gunungapi teraktif.

Bahaya gunung api bukanlah lemparan batu-batua, tetapi bahaya merapi saat aktif adalah awanpanasnya yang dapat menjangkau sejauh 6-7 Km. Bahaya merapi juga pada saat kepundan non aktif, yaitu pada saat musim hujan. Pada saat musim hujan sering terjadi aliran lahar yg berupa pasir serta batu-batuan yg bercampur air hujan. Aliran lahar ini yg dulu diduga sebagai penimbun beberapa candi.

Kalau Gunung Merapi "batuk-batuk" bisa jadi itu memang "lebih baik", karena kalau Gunung Merapi ini diam (non aktif) terlalu lama, maka energi yg dikumpulkan juga akan sangat besar.

2 Comments:

At 7/11/2006 09:24:00 AM , Anonymous Anonymous said...

LATIHAN KIAMAT. Kalau gempa 27 mei latihan I, Merapi II. Soalnya jogja pusat Tuhan Gado-gado bin klenik.Siapa tahu gempa besar lagi 7 sr di pusat muara sungai progo. Maksiat dimana-mana ada lho seorang dokter haji lagi koq tukang abortus. Pastur cabul ngesex dng umatnya juga ada. Smp sma yang ceweq banyak yg nggak prawan lagi. Aparat penegak hukum banyak nggak jujur, lihat tuch kantor bermasalah sarang maling pada rusak karena gempa ... nach datangkanlah Azabmu tuhan dengan gempa besar !

 
At 4/12/2007 11:30:00 AM , Anonymous Anonymous said...

apaan sih ngasih komen kayak gitu. gak mikir apa gimana perasaan orang2 jogja, termasuk aku, yang gak ada hubungannya sama KEMAKSIATAN yang diomongin itu. kenapa dia gak mikir sedikit aja sih. klo gitu berarti bisa dikatakan kalo tsunami aceh itu karena orang-orangnya bejat semua, banjir jakarta karena orang-orangnya korupsi semua. udah deh. dilihat dari segi ilmiah, gak ada benernya yang seperti itu.
maaf bagi yang punya blog. aku jadi post komen yang kayak gini. komen sebelumnya lebih baik dihapus aja. gak enak dibaca.
trims.
trus mengenai merapi, memangnya merapi punya potensi menimbulkan bencana besar seperti apa ?
tolong dijelaskan soal geologi kegunungapian.
terima kasih.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home