Monday, June 05, 2006

Jangan panik lah yaw ... !!

Kalau kamu-kamu belajar atau membaca sejarah bumi dari data geologi ... itu tuh ilmu yg belajar tentang bumi mulai dari terbentuk sampai kondisi saat ini, maka ternyata segala macam bencana "pernah" terjadi di bumi ini sejak terbentuknya 4 Milyar tahun yang lalu. Ya sejak 4 milyar tahun yang lalu, dimana wektu itu kita ? dimana manusia berada ? Belum ada lah yaw .... tapi bumi tetep ada dan idup sampai sekarang ya ... :). Bencana itu bisa berupa dari banjir, tanah longsor, bencana gempa juga bencana gunung api, dan juga kejatuhan meteor.

Lah trus mesti gimana kalau denger berita-berita yg bikin panik gituh ? ... diem aja ? Ya enggak lah ....
Nah, kalau kamu melihat berita-berita di internet media ataupun ucapan seseorang tentang bencana-bencana yg "menakutkan dan mengerikan" seperti ini, coba saja kamu jabarkan dalam dimensi hidup kamu, baik dimensi ruang (dimana kamu berada) serta dimensi waktu (kapan akan terjadi).

Jangan Panik !

Dua kata diatas merupakan kunci utama, yang dapat menolong kamu-kamu sehingga dapat menyelamatkan diri. Kontrol diri ini dapat diperkuat dengan cara menambah pengetahuan. Ketika kamu mengerti apa yg terjadi, moga-moga saja kamu semua akan selamat. ... iya lah, siapa yg mau terkena bencana kan ?
Kalau mau tahu secara logika yg sering saya beritahukan secara sederhana adalah seberapa besar "kemungkinan bencana itu terjadi pada dirimu", seberapa besar mungkin hal itu terjadi, seberapa mungkin hal itu mengenai kamu, keluarga kamu, teman kamu, saudara kamu, atau tetangga kamu. Untuk kita-kita yang berada di Jakarta maupun kota-kota besar selain di di Pantai Barat Sumatra tentunya harus berpikir berbeda tentang bahaya tsunami. Juga bagi yg tinggal di lereng Gunung Merapi kenapa takut akan tsunami?. Lah kamu di jakarta jangan ikutan panik kalau soal terkena bencana tsunami. Kecuali kalo kamu mau berlibur ke Padang, itu boleh berpikir utk hati-hati tentang kemungkinan terjadi disana. Nah keterjadian gempa, tsunami serta gunung meletus itu keterjadian untuk mengenai Jakarta dan kota-kota lain adalah sangat kecil dibanding kemungkinan kamu-kamu mengalami kecelakaan lalu lintas.

Sains dengan statistiknya sangat mudah mebuktikan dengan kemungkinan itu. Para ahli hitung risiko di perusahaan asuransi sangat paham itu. Kalo ga percaya tanya deh kalau ada sales asuransi datang ketempatmu, taya aja tentang besarnya risiko terkena tsunami di Jakarta dengan terserempet bajay ... pasti deh kemungkinan terserempet bajay lebih mungkin kena bemper loe, atau loe nyebrang sembarangan ketimbang terkena gempa.

Jadi anda tidak perlu panik mendengar hal seperti ini. Tetapi bukan menyepelekan tentunya.

Jadi ....Waspadalah di jalan raya. Janga lupa pakai sabuk pengaman kalo di mobil ....
Lah kalo di metromini ?...
ya pegangan lah yaw ... juga ati-ati dompetnya dijaga ... upst!

Nah kadang kita bertanya kenapa sih kok pada ribut, ?

Yah mungkin karena kita barusan mendengar kabar temen, saudara, adik, kakak atau barangkali ortunya ada yg menjadi korban tsunami kemaren. Jadi ya wajar lah kalo sekarang kita-kita jadi konsen dengan soal bencana ini. Siapa sih yang ngga ngeri denger berita yang filem dokumenternya di TV sangat mengerikan gitu.

Tapi kalo dipikir, banyak juga filem-filem yg isinya tentang bencana alam juga, misalnya Film Armageddon, Film Volcano, juga Film Jurrasic park yg dasarnya juga sains ilmiah. Tapi kenapa kita ngga ribut kalau terjadi betulan ? Ngga hanya itu, banyak sekali website di internet serta media-media yg menyebarkan beritanya lengkap dengan penelitian ilmiahnya ... kalo terjadi kan ngeri juga.

Nah website atau internet juga media itu sakjannya juga sama saja. Website dan filem itu bisa saja dasarnya ilmiah plus imajinasi. Keduanya merupakan gabungan pemikiran serta ekspresi sipenulis script.

Nah kalau mau tau tentang bencana alam dsb, tengok saja ke web-web yg cukup kompeten misalnya university atau badan survey geologi negara seperti USGS (United State Geological Survey), BGS (British Geological Survey), IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia http://www.iagi.or.id ) trus kau juga boleh nanya2 ke ahlinya, jadi ngga perlu ikutan panik.


OK ati-ati dijalan ya ...
Salam

RDP
rovicky@gMail.com
--
Education can't stop natural disasters from occurring,
but it can help people prepare for the possibilities ---

3 Comments:

At 6/07/2006 09:09:00 AM , Blogger Vaye said...

weleh senang betul bisa mnemukan blog ini yg isinya bahasan geology yg disampaikan dg gaya santai jadi ndak bikin mumedh apalagi pengin ngacir he he
salam kenal mas..
blognya boleh saya link ya :-)

 
At 6/07/2006 09:37:00 AM , Blogger Rovicky Dwi Putrohari said...

Silahkan saja dibuat Link kesini.

Thanks commentsnya,

 
At 2/19/2009 09:07:00 AM , Anonymous Presiden Prabowo said...

Saya setuju dengan anda!

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home