Thursday, June 01, 2006

Peta kerusakan Gempa Jogja 27 Mei 2006

Daerah kerusakan akibat gempa telah dipetakan (sementara) oleh UNOSAT (www.unosat.org).
Daerah kerusakan ini adalah lokasi yang paling berdekatan dengan pusat gempa disepanjang Patahan Opak yg membentang dari baratdaya-timurlaut. Warna hijau menunjukkan tinggian sedang warna coklat daerah topografi rendah. Kuning - kerukan ringan, orange - kerusakan sedang, dan merah kerusakan berat.
Tempat-tempat yg mengalami kerusakan terutama disebelah barat dari lokasi gempa ini. Mengapa ?
Selain daerah kerusakan ini lebih padat penduduk dibandingkan sebelah timur yg berupa pegunungan selatan, daerah ini dibawahnya terususun oleh batuan lunak yg akan meredam energi gempa artinya terjadi percepatan gelombang. Bayangkan kalau energi diserap disini artinya banyak energinya yg dilepaskan dalam menggetarkan daerah ini. Bagian timur dari daerah ini berupa perbukitan terdiri atas batuan keras. Dengan demikian energi gelombang akan melewatinya dan percepatan gelombangnya relatif lebih kecil dan daya rusaknya juga lebih kecil. Namun gelombang gempa ini menjalar jauh kearah timur. Bahkan menurut laporan USGS getaran ini dirasakan hingga di daerah Bali.

Perlu diketahui bahwa proses rehabilitasi daerah pasca gempa perlu memperhatikan daya dukung (uji tapak) sebelum dibangun kembali. Daerah-daerah yg bekas mengalami gempa tentunya harus dikaji ulang daya dukungnya.

Penelitian atau mitigasi bencana "harus" dilakukan terlebih dahulu sebelum pembangunan ulang ini. Pemerintah perlu menganggarkan dana khusus utk melakukan penelitian daya dukung lahan sebelum proses pemulihan lokasi kerusakan ini.

Gambar satelit dibawah ini memperlihatkan efek akibat gempa 27 Mei 2007.
Gambar ini didaerah bantul sekitar 7-10 Km dari pusat gempa.









high resolution BIG file

Source : Internet : Sorry I can not track it back

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home