Monday, June 05, 2006

Berita email yg membahayakan !

Berita email yg mengkawatirkan bila di FW.

" Sekedar isu atau bkn.. ga ada salahnya kalau kita berdoa...Menurut CNN,disiarkan 3 hari yang lalu bahwa lempeng bumi di australia sedang bergerak ke utara menuju asia.diperkirakan bisa bertubrukan dengan lempeng bumi di selatan pulau jawa.Diperkirakan 11 hari setelah gempa jogja, atau rabu besok(7 juni) akan ada gempa dahsyat dan memungkinkan terjadinya tsunami.Mohon doanya n plis forward ke temen-temen laen, jagan sampai putus di tangan kamu...... "
Lempeng Australia bergerak mendekati Jawa sudah terjadi sejak 50juta tahun yang lalu. Ya 50 juta tahun yang lalu !! Kecepatan reratanya memang 6-7cm/tahun. Jadi kejadian pergerakan lempeng itu bukan baru-baru ini saja. Nah kalau disebutkan sedang bergerak ya jelas aja wong sudah lama juga begitu kok.
Nah dibawah ini saya cantumkan urutan peta jadul (jaman dulu), tapi bukan jaman kakek nenek, ini peta hasil rekonstruksi geologi yg dibuat Oleh Robert Hall dari Royal Halloway - University of London.

Dibawah ini peta Indonesia 50 juta tahun lalu

Dibawah ini peta Indonesia 40 juta tahun lalu

Dibawah ini peta Indonesia 30 juta tahun lalu


Dibawah ini peta Indonesia 20 juta tahun lalu

Dibawah ini peta Indonesia 10 juta tahun lalu


Dibawah ini peta Indonesia saat ini


Nah peta-peta jadul diatas sudah meyakinkan semua ahli kebumian bahwa pergerakan plate (kerak-kerak bumi) ini sudah terjadi sejak dahulu. Jadi bukan hanya baru-baru ini saja, apalagi bergerak akibat gempa kemaren, ya jelas bukan lah yaw. Itulah sebabnya muncul gunung api dan juga terbentuknya patahan-patahan di muka bumi terutama di Pulau Jawa bagian selatan dan juga bagian barat Pulau Sumatra, ini semua akibat gerakan lempeng-lempeng atau kerak-kerak ini.

Bagaimana dengan ramalan 11 hari itu ?
Lah kalau cuman ada yang bilang bahwa besok ada gempa dibumi ini ya jangan kaget. Wong selurh bumi ini mengalami 5 gempa kekuatan 5SR setiap hari, hanya saja tempatnya berpindah-pindah. Dan urutannya terlihat acak tak beraturan.

Nah yg lebih krusial angka 11 hari ini .... darimana angkanya ? Tetapi bahwa kita harus tetep waspada itu sudah seharusnya sejak lahir. Karena Indonesia (terutama Sumatra dan Jawa) merupakan "disaster prone area" - daerah yg selalu akan mengalami bencanaa alam gempa dan
tsunami utk pantai selatannya.

Mau lihat peta seismisitas Indonesia selama ini ?
Dibawah ini peta kegempaan yang hanya untuk gempa-gempa dengan kekuatan diatas 5SR, yg kekuatannya dibawah itu tidak diplot disini karena gempa kecil ini sudah ribuan kali terjadi di Indonesia sejak 1964, bahkan sudah jutaan atau milyaran kali sejak bumi tercipta:



Nah kalau hanya sekedar bilang besok di Indonesia akan terjadi gempa, maka itu adalah sebuah kebenaran. Tetapi kalau ada bilang besok akan ada gempa di kota Jakarta jam 7 pagi, dengan kekuatan 6 SR, wah itu jelas BOHONG !! dan jangan diteruskan beritanya apalagi pakai sms, kesenengan providernya donk, mahal lagi !

Nah, moga-moga anda ngerti sekarang ... Kalau meneruskan sms atau imil sebagai alert sih ndak apa-apa tetapi jangan sampai membuat panik. Nah anda sekarang dapat meneruskan cerita ini supaya menenangkan mereka kan ?

Lebih berbahaya dijalan raya.
Ingat kemungkinan anda terkena bencana gempa jauuuh lebih kecil ketimbang mengalami musibah kecelakaan di jalan raya. Artinya dari pada membuat panik lebih baik memberikan pengertian yang benar dan memberikan mental kewaspadaan. Bayangkan bila email diatas membuat panik seluruh kota, saya yakin korban akan jauh lebih besar daripada hanya karena tsunami atau gempa.

Jadi hati-hatilah memfw berita, jangan-jangan dengan meneruskan berita yg tidak tepat anda telah menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan lalulintas.

Hati-hati dijalan ya .... !

12 Comments:

At 6/06/2006 07:44:00 AM , Blogger Indi said...

what the hell is "imil" ? As a man of science, you don't make it sound correct.

 
At 6/06/2006 12:42:00 PM , Blogger Rovicky Dwi Putrohari said...

yep thanks for your correction :)

 
At 6/06/2006 10:05:00 PM , Blogger Olil said...

Lg goggling tentang pergerakan lempengan australia akhirnya ketemu blog mas...makasih atas info-nya. Salam kenal

 
At 6/06/2006 10:40:00 PM , Blogger Rovicky Dwi Putrohari said...

Salam kenal juga

 
At 6/07/2006 11:34:00 AM , Anonymous Anonymous said...

Thanks atas informasinya. Jadi kalau John Howard masih aja khawatir dgn bahaya dari utara, maka dia salah. ternyata Australia mendekati Indonesia dgn kecepatan 6-7 cm/year. jadi kita dong yg bilang "bahaya dari selatan"

Buat Bung Indi, "imil" itu bukan salah ketik, tapi plesetan alias disengaja. bukan begitu Bung Rovi?

 
At 6/08/2006 04:32:00 PM , Anonymous Anonymous said...

wow, thanks banget mas, infonya sangat membantu, apalagi peta jadulnya...jadi tahu munculnya indonesia krn gerakan lempengan bumi seperti itu. salam kenal

 
At 6/08/2006 05:37:00 PM , Blogger RealMuhy said...

salam geologi pak.. salam kenal. saya monitor blog nya, dan baru saja me-refer ke postingan ini.

 
At 6/08/2006 06:54:00 PM , Anonymous reena said...

nyasar ke sini gara2 satu postingan di milis.
infonya ok banget. jadi tau 'wajah' asli Indonesia ... ^_^ ...

 
At 6/09/2006 10:02:00 AM , Blogger ime' said...

sebagai seorang yang buta akan hal ini, posting bapak such an eye-opening buat saya yang awam ini ;)

salam kenal dari seorang awam ;)

 
At 6/20/2006 07:29:00 AM , Anonymous totok said...

Baru baca mengenai sidoarjo, trus penasaran dengan judulnya " Berita email yg membahayakan". Ternyata isinya oke banget, apalagi gambar pergerakan lempengnya full colour. Makasih banget infonya. Salam kenal.

 
At 6/22/2006 10:23:00 AM , Blogger Lina said...

salam kenal pak...u'r blog had opened my eyes of one new knowledge. Thank you...

 
At 2/08/2007 08:56:00 AM , Anonymous Anonymous said...

Best regards from NY! »

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home