Tuesday, June 06, 2006

Tandatangan gempa !

Tentunya kita sudah tahu apa itu seismogram kan ?

Seismogram adalah sebuah rekaman gelombang yg ditangkap oleh seismometer. Sebenarnya ini sangat mudah dimengerti kalau kita melihat bahwa getaran yg dirasakan saat gempa adalah sebuah gelombang yg menjalar, ya gempa memang hanya gelombang yang menjalar namun gelombang ini memiliki kekuatan yang suangat buesar. Kalau anda mendengar dentuman speaker itu juga sama saja dengan gelombang gempa, hanya berbeda kekuatannya saja.

Kita juga tahu kan, kalau suara manusia itu juga gelombang seperti juga gempa. Nah tentunya anda dapat membedakan suara laki-laki dan suara perempuan, juga suara bencong kali ya ... Nah suatu saat nanti bukan hal mustahil kita bisa melihat karakteristik gelombang untuk menentukan "siapa yg sedang bergoyang".

Dibawah ini gambar perbedaan gelombang gempa akibat nuklir dan akibat gempa tektonnik. Nah kita tunggu saja apakah ahli-ahli gempa (seismologist) ini dapat membedakan gempa akibat volkanik dan gempa akibat tektonik.source picture : http://www.ctbto.org/images/seismic_signature.jpg

2 Comments:

At 6/21/2006 08:59:00 AM , Anonymous Lin said...

Pak Rovicky,
beda antara gempa tektonik dan vulkanik sebenarnya sangat jelas. Sayang saya saat ini tdk punya contohnya. Tapi bisa Bapak tanya langsung ke siapa saja yg 'ngurusin' gempa. Sangat mudah dibedakannya.

 
At 6/22/2006 07:59:00 AM , Anonymous Anonymous said...

Yang atas nuklir dan yang bawah gempa..

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home