Tuesday, June 27, 2006

Apa penyebab banjir Sinjai ?

Apa penyeban banjir di Sinjai ?
.... ya air !


Hehehehe ... sepertinya kok cuman guyon ya.
Tapi coba perhatikan apa yg tertangkap oleh satelit pemantau cuaca ini. Benar bahwa penyebab banjir di Sinjai ini terutama karena hujan yg abnormal tinggi di lokasi banjir. Bayangkan kalau setiap titik lokasi dijatuhi air setinggi 250 mm atau 25 cm.

Apaan sih artinya curah hujan 250 mm ?

Tingkat kederasan hujan dilihat dari seberapa tinggi kolom air yg dijatuhkan pada suatu daerah. Nah kalau tertulis 250 mm itu artinya setiap daerah disitu dicurahi atau digenangi air setinggi 250 mm atau 25 cm. Jadi kalau saja air itu tidak mengalir maka daerah seluas itu akan memiliki kolom air setinggi 25 cm.

Nah sekarang bayangkan saja kalau daerahnya satu kilometer persegi ? Berapa meterkubik volume air yg tercurah ke situ ?
Air memang akan diserap kedalam tanah kalau tanahnya mampu menyerap, tetapi penyerapan ini sangat lamban tidak bisa dalam waktu satujam. Bayangkan kalau air hujan itu turun hanya dalam waktu beebrapa jam saja .... Mak byuk !!!! air dari atas turun begitu saja.

Nah apakah itu kehendak alam atau akibat ulah manusia ?
Ya kita lihat saja, berapa kemampuan air menyerap. Kalau belum jenuh tentunya air bisa menyerap, tapi kalau tanahnya sudah jenuh air, ya air hujan menjadi air permukaan (run off). Run off water atau aliran air permukaan ini awalnya akan melalui jalan yang tiap hari dilewatinya. Namun kalau curah hujan sudah berlebihan, daya serap tanah sudah tak muat lagi, serta jalan air sudah diisi oleh kegiatan manusia, ya mau tak mau air akan mencari jalannya sendiri. Tentusaja sambil "membawa" benda-benda yg kebetulan menganggu jalannya. Nah kalau run off ini sudah tak muat inilah yg disebut banjir ...

Jadi penyebab banjir jelas karena :
- curah hujan yg berlebihan (mau marah ama yang membuat hujan ? ... tuh hujan bisa jadi bukan hanya karunia jugak.
- daya serap tanah yg berkurang (hihihihi paling enak ya nyalahin si penebang liar itu),
- trus yg menutup jalan air ... duh ya penduduk emang tinggal disitu piye ?

Jadi banjir juga gejala alam ?
Lah iya lah yaw ... kalau mau tahu, ada info menarik tentang daerah banjir ....
Jakarta !! .... ya Jakarta itu tanahnya dibentuk oleh endapan banjir.
Jadi ?
Ya, memang sejak jaman dahulu kala, pembentukan tanah di Jakarta dibentuk dengan mekanisme banjir. Nah kita sebagai manusia ya harus pinter-pinteran "bergurau" dengan air ini. Kalau dia mau lewat ya dibuatkan jalan yang bener, jangan ditutup sembarangan. Jadi mungkinkah jakarta bebas banjir. Hmmm..... bisa saja, kenapa tidak. Belanda, kira-kira sepertiga tanahnya merupakan daerah bekas daerah banjir. Ya tentusaja caranya dengan engineering, dengan sebuah tindakan rekayasa. Manusia kan diberi bekal untuk mereka yasa. Yang lebih penting adalah bagaimana bergaul dan bersenda gurau dengan alam.

Nah dengan begitu kita tahu bahwa banir juga ada pengaruh alam, juga ada pengaruh manusia. Kalau alamnya sendiri ya sejak dulu ya gitu-gitu saja. Manusialah yg mesti pinter "bergaul" dengan alam. Kalau menurut National Geographic, manusia harus pandai bersenda-gurau dengan ...."The Violent Earth" ... upst !!

image source http://earthobservatory.nasa.gov/NaturalHazards/shownh.php3?img_id=13668
---
Untuk melihat dongeng yang lain silahkan menengok di :
http://rovicky.blogspot.com/

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home