Saturday, March 25, 2006

Jumlah sumur yg diperlukan mengetest Play

Tentunya kita tidak dapat selamanya mengejar sebuah kemungkinan adanya jebakan dalam sebuah rangkaian jebakan (play fairway). Ada kalanya kita harus meninggalkan.
As an explorationist we have to know when to pursue the prospects, and when to quit.
Nah tentunya ada perhitungannya. Berapa jumlah sumur yg diperlukan untuk meyakinkan bahwa kita sudah mengetest sebuah "Play fairway" ? Boleh jadi konseptual Play fairway itu benar (sukses dan discovery) ataupun gagal (failed and dry).
Tentunya tergantung dari "geological risk" dari play itu sendiri. Nah kalau saja risknya POS (Possiblity of Success) suatu Play adalah 20%, maka berapa jumlah sumur yg diperlukan utk meningkatkan keyakinan hingga "Pretty Sure" (70%) atau "Very Sure" (95%) ?

Ada yg tahu ?

answer ?
Pendekatan statistik dapat dilakukan untuk menghitung jumlah sumur yg diperlukan utk "meyakinkan". Tergantung berapa nilai yakin yang kita inginkan. Saya memberi contoh seandainya kita sebut "pretty sure" sebagai 70% yakin dan "very sure" adalah 90% yakin.
POS adalah Probability of success = 1-Risk

Pendekatan statistik ini akan menunjukkan jumlah sumur lebih banyak yg diperlukan untuk memberikan keyakinan "failed" sebelum angkat kaki dari daerah tersebut.

Mengapa ?
Pendekatan statistik ini tentunya akan jauh berbeda dengan pendekatan deterministik. Misalnya kita langsung drill source rocknya, dan seandainya dijumpai source rock yg tidak matang atau tidak ada sama sekali maka akan dikatakan "very sure" hanya dengan satu sumur saja. Atau kalau tidak ada reservoir sama sekali kita bisa langsung mengubah nilai propability of success (POS). Dimana probabilitas selanjutnya akan menjadikan patokan sumur berikutnya. Itulah sebabnya semua kegiatan eksplorasi migas tidak melulu dilakukan berdasarkan atas pertimbangan probabilitas yang akan mengesankan judi. Dan pada kenyataannya di Indonesia ini secara statistik memiliki nilai kesuksesan eksplorasi diatas 10%, seperti yg ditulis sebelumnya disini.
Dan disinilah peran geologist atau explorationist mengurangi jumlah sumur yg diperlukan seorang gambler. Geologist (explorationist) mengurangi jumlah sumur yg diperlukan sesuai dengan kaidah ilmiah akademis.

hef e nais dey

Note : Saya mendapatkan ilmu ini ketika belajar atau "ngenger" di Shell Brunei.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home