Saturday, February 04, 2006

Merubah Split atau jalan lain ?

Saat ini pemerintah bermaksud menaikkan split bagi hasil utk PSC Nah apakah cara ini sudah tepat atau ada jalan lain ?

Kalau tujuannya utk meningkatkan investasi tentunya bisa jadi salah tembak. Karena peningkatan investasi bukanlah tanggungjawab DESDM, tetapi menteri2 ekonomi hasil reshufle baru-baru ini yaitu Menko Perekonomian kini berada ditangan Budiono sementara menteri keuangan Sri Mulyani. Mereka ini mestinya yg lebih berprean atau bertanggung jawab dalam peningkatan investasi di Indonesia, tentunya investasi tidak hanya migas yg dibebankan ke DESDM.

Nah kita coba tengok saja sistem PSC negara sebelah. Apa iya split di Indonesia ini tidak menarik ?
Aku terobsesi untuk melihat mengapa split Indonesia saja yg diuplek-uplek sementara yang namanya Production Sharing Contract sebenernya tidak hanya masalah split. Cost recovery, ring fence, crafing area, defining producing area, relingguishment ... dll semua mempengaruhi bagaimana penerimanaan negara pada project-project minyak dan gas bumi.

Ah tapi gimana terjemahannya ?
OK deh ntar satu-satu dibabar ah .... namnaya juga gemesh liat negara yg kaya tapi yg serius mengurus kok ya ngga banyak ... bukannya ngga ada tapi rasanya kurang deh orangnya ... lah wong pada hijrah ke negeri jiran gitu ! ... termasuk saya :(

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home