Saturday, February 04, 2006

Geologi Termasuk Science atau Applied, dibawah FMIPA atau F Teknik ?


Is this definition scientifically mean something or just to ease operation ?

Sudah banyak dan sudah sejak lama diskusi apakah Geologi masuk Fak Teknik ataukah MIPA, Ilmu Sosial seperti Geografi jaman dulu dibawah Fisipol, atau barangkali Geologi termasuk Art ? Saya pribadi tidak begitu mempermasalahkan dari sisi scientific. Namun yg pasti beberapa jurusan ini muncul ada keterkaitan historisnya. Misal Geology bisa dimulai dari" perpecahan" MIPA geofisika, ada juga karena "perpecahan" dari Tehnik Sipil, atau bahkan "pemisahan" dari GeoScience (Applied Geoscience).


Pada akhirnya, perkembangan Jurusan "Geology"nya sendiri sangat tergantung dari pengelolaanya. Nah dimulai dari sini akan muncul kepentingan-kepentingan yg seringkali sudah tidak lagi bernuansa ilmiah. Misal apakah gelarnya Insinyur atau Drs ? Kedua gelar ini pernah dibedakan dalam jenjang struktur penggajian, sehingga istilah inipun mengacu ke Jurusan atau Fakultasnya ketika di Universitasnya. Saya sendiri bisa mengacu keduanya. Tujuannya sendiri seringkali demi kemudahan operasional. "Wis kebacut" (sudah terlanjur) dibawah Fakultas Teknik dan selama ini sudah berjalan dengan mudah. Nah coba Mas Minarwan baca-baca itu riwayat pembentukan dari Jurusan-jurusan Geologi yang diacu dibawah itu, pasti deh ada hubungannya.

Jadi sepertinya penggolongan dalam dunia pendidikan tidak semata-mata disesuaikan secara ilmiah, tapi lebih ke "tujuan praktis".Yang menjadi komplikated kalau pengelolanya tidak akur trus mau buat sendiri-sendiri atas dasar urusan pribadi (politicking), misal supaya ada jabatan ketua jurusan baru, supaya ada jabatan dekan baru. Hal inipun bisa jadi sebuah kejadian yang wajar, maksudku sering terjadi di lingkungan industri juga. Dimana sebuah departemen dibentuk karena "kebutuhan". Ada seorang yg cukup senior yang kalau seandainya tidak dibuatkan "kursi" nanti orang yg sedang digalang ke posisi tinggi nantinya ini akan cabut. Maka dengan terpaksa perusahaan "membuat" posisi khusus. Nah setahuku Jurusan Teknik Geologi UGM ini dahulunya pecahan dari Sipil, bener tak ? mBah Roso pendiri Geologi UGM dulu dari jurusan apa ya ?


RDP

On 2/3/06, Minarwan wrote:
> Di kota Melbourne semua Geologi, Astronomi dan Meteorologi masuk ke
> Fakultas Sains Pak Dhe. Enggak cuman di kota Melbourne, di tempat lain

> juga.
>
> Kalau di Utrecht Belanda punya Fakultas sendiri, namanya Geosains.

> Kalau di TU Delft, malah masuk School of Civil Engineering and

> Geosciences. Terus jurusannya Geotechnology, baru sectionnya Applied

> Geophysics & Petrophysics, Applied Geology, bahkan Petroleum

> Engineering. >
> Di Inggris juga masuk ke "Ilmu Kebumian" lho......jadi bukan "Teknik Geologi".
> Ayuk bersiap-siap ST atau Insinyurnya jadi SSi........

> Siapa berani usulkan ke jurusan nanti pas bicara kurikulum? :D

>

> Minarwan

2 Comments:

At 2/20/2006 09:37:00 PM , Anonymous Anonymous said...

Ahli Geologi itu kan artis to.

mestinya masuk jurusan sastra aja Mas Vick.

 
At 2/21/2006 07:16:00 AM , Blogger Rovicky Dwi Putrohari said...

Tapi jelas bukan seni suara. Lah wong UGM ini pendiem, jarang berani bersuara :)

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home